Sabtu, 23 Februari 2013

Kebahagiaan Itu Sendiri

Ada seorang wanita muda yang merasa kehidupan sosialnya diarahkan seperti robot. Ia dipaksa untuk menjadi seperti orang lain, bukan seperti apa yang diinginkannya. Ia takut untuk menjalani kehidupan menjadi buruh analisis kimia. Ogah masuk ke dalam lingkungan yg memperkerjakan dia layaknya buruh yg tak memiliki kesempatan untuk menikmati kehidupannya. Dan ia telah mendapatkan kecerahan mengenai masalah itu. Ada lelaki yg tersenyum bangga atas keberhasilan karir dan status yang dicapainya. Namun ia terus menerus mengeluh atas ketidak bebasan dan ketidak beraniannya untuk merai kebahagiaan yg sesungguhnya dia idamkan.

Di tempat lain ada seorang wanita muda yang lebih memilih untuk mengerjakan buletin kecil yg merupakan hasil karyanya sendiri yang terbit seminggu sekali daripada bekerja di perusahaan multinasional yg gaji per bulannya ribuan dolar. Dan ia bahagia dg hasil kerjanya sendiri meskipun jika diukur dg materi hanyalah secuil kuku dibandingkan jika ia bersedia bekerja di perusahaan2 yg melamarnya itu.

Dalam kehidupan ada orang yg berada dalam kebimbangan untuk memilih, berada di persimpangan untuk berjalan. Ia ragu dan ia sadar harus memilih jalan kehidupannya sebelum ia melangkahkan kaki, memilih untuk menjalani kehidupan atas kontrol dirinya. Untuk itu JALANLAH BERSAMA DENGANYA untuk melakukan pencarian yg sama.

Adapula orang yg tidak bisa memilih untuk menjalani kehidupan dg kontrol penuh atas dirinya. Meski ia mendapatkan gaji yg besar, meski ia memiliki status sosial tetapi ia tidak bahagia dg kehidupannya. Ia bekerja karena paksaan, bukan karena dorongan hati untuk menjalani kehidupan atas pilihannya. Untuk itu KASIHANILAH DIA atas ketidak mampuan dirinya.

Akan tetapi adapula yg hidup dg kontrol penuh atas kebahagiaan hidupnya. Ia tahu benar bahwa kebahagiaan tidak terletak pada melimpahnya materi maupun tingginya status sosial. Kebahagiaan baginya adalah keselarasan antara pemikiran dan bisikan hatinya. Ia akan memilih untuk hidup bahagia daripada hidup dalam ketidakrelaan yg akan mengantarkannya pada kesia-siaan. Ia bahagia menjalani peran dalam kehidupannya dg penuh keikhlasan. Untuk itu DEKATILAH DIA karena orang seperti ini akan mampu membukakan pemahaman luar biasa mengenai makna kebahagiaan. Makna kebahagiaan yg tak mungkin bisa diukur dg apapun, kecuali : kebahagiaan itu sendiri. (KEBAHAGIAAN ITU SENDIRI). yann

Tidak ada komentar:

Posting Komentar