Kamis, 10 September 2009

Hidup Sungguhan

Ada hidup yang sesungguhnya dan ada yang tidak sesungguhnya dan mana yang tidak sesungguhnya? Hanya Allah lah yang mengetahuinya,karena Dialah pemilik dan pembuat hidup.

”Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidaklah kamu memahaminya?” (QS. Al Anaam : 32)

”apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan ) di akhirat hanyalah sedikit?(QS. At Taubah :38)

Allah menjelaskan kehidupan dunia hanya main-main saja. Hanya senda gurau belaka. Hanya saling pamer-pamer gengsi saja.

Kadang pamer rumahnya yang baru dibangun atau juga pamer mobilnya yang baru dibeli. Atau seringkali juga pamer keluarga, anak anak dan berbagai prestasi yang dimilkinya. Semua itu bersifat sementara.

’Yang pasti’ akan mengalami kematian dan meninggalkan semua kebanggaan yang bersifat duniawi tersebut. Rumah bagus akan ditinggalkan .Mobil mewah tidak dibawa. Bahkan istri ,suami,anak, dan segala prestasi yang membanggakan itu juga tidak bisa ikut serta. Tinggal sendirian saja menghadap Allah, Sang Maha Pencipta.

Benar dan percaya. Hanya kadang amal dan tingkah perbuatan tidak mudah untuk selaras. Apa yang digariskan ayat-ayat Allah meski tahu dan sadar berpaling juga.

Lalu allah menjelaskan bagi yang hidupnya hanya banyak untuk dunia yang memperdaya dan akibatnya.

Kesempatan menyesuaikan bagaimana seharusnya adalah sekarang.

”Barangsiapa berpaling dari peringatanKu maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta. Berkatalah ia : ya Tuhanku mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal dahulunya aku adalah seorang yang melihat? Allah berfirman : Demikianlah telah datang kepadamu ayat-ayat Kami. Maka kamu melupakannya, dan begitupula, pada hari kiamat ini kamupun dilupakan.” (QS. Thaahaa : 124-126)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar