Rabu, 03 Agustus 2011

Tips Agar Kuat Berpuasa

Marhaban Ya Ramadhan. Ramadhan adalah bulan yang sangat indah. Disebut bulan yang indah karena ada beberapa kewajiban-kewajiban yang mungkin sulit dijumpai di bulan lain yakni Puasa dan Tarawih. Nah, mungkin bagi sebagian orang Berpuasa itu adalah hal yang menyulitkan sehingga banyak diantara mereka yang tidak menjalankannya. Bukan karena mereka tidak mau, melainkan mungkin karena Mereka tidak kuat menahan lapar dan haus serta hawa nafsu dalam berpuasa.

Namun, menurut saya Berpuasa itu adalah hal yang sangat mengasyikan. Selain karena kewajiban, Berpuasa juga dapat membuat tubuh saya menjadi sehat.

Nah, ada beberapa hal yang membuat saya menjadi kuat dalam berpuasa yakni :

1. Niat di malam hari

Hal pertama yang membuat saya kuat selama menjalani ibadah puasa adalah Niat yang saya lakukan di Malam hari, dan niat kadang saya baca ketika sehabis shalat tarawih ataupun sebelum sahur. Nah, karena niat adalah awal dari suatu perbuatan, maka jika kita niat berpuasa maka saya yakin kita pasti akan mampu menjalankannya.

Bagi anda yang belum hafal niat puasa, berikut akan saya tuliskan niat dalam bentuk tulisan latin

Nawaitu Shomaghodi an 'ada'i fardli syahri Romadhona Hadi'issanati fardho lillahi ta'ala.


2. Makan secukupnya saat Sahur

Kemudian hal selanjutnya yang membuat saya kuat dalam menjalankan ibadah puasa adalah Makan Secukupnya di Saat Sahur. Nah, jika anda sahur janganlah makan terlalu banyak, karena jika terlalu banyak akan membuat kita menjadi lemas dalam berpuasa karena kekenyangan, tetapi makanlah secukupnya, dan berhentilah sebelum kenyang.

3. Tidur

Hal selanjutnya ialah tidur. Saya selama puasa ini selalu menyempatkan waktu untuk tidur di siang hari, apalagi 2 hari pertama puasa ini saya masih libur sekolah sehingga waktu untuk tidur longgar. Namun, jangan sampai seharian kita habiskan untuk tidur, memang tidurnya orang berpuasa itu ibadah, namun jika seharian waktu puasa kita habiskan untuk tidur maka akan membuat tubuh kita menjadi lemas dan membuat puasa kita menjadi sia-sia.

via VIVAnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar