Rabu, 06 Maret 2013

ENGLISH: Penggunaan Either…or dan Neither…nor



Dalam hal ini, either…or dan neither…nor berfungsi sebagai paired conjunctions atau correlative conjunctions. Verb yang mengikuti either…or dan neither…nor ditentukan oleh subject kalimat setelah or atau nor. Verbnya akan plural jika setelah or atau nor diikuti oleh plural subject (plural nouns), dan sebaliknya, verbnya akan singular jika or atau nor diikuti ...
oleh singular subject (singular nouns). Untuk lebih jelasnya, perhatikan berikut:

Contoh:

1. Either Tommy or Tommy’s friends are going to visit me tonight. (Tommy atau teman-teman Tommy akan mengunjungiku malam ini). Maknanya adalah kalau bukan Tommy yang akan mengunjungiku malam ini, teman-teman Tommy lah yang akan mengunjungi aku malam ini.

2. Neither Tommy norTommy’s friends are going to visit me tonight (Tidak Tommy, tidak juga teman-teman Tommy, akan akan mengunjungiku malam ini). Maknanya sama dengan : Both Tommy and Tommy’s friends are NOT going to visit me tonight. Tapi ingat, in formal documents hindari menggunakan BOTH dalam kalimat negatif.

3. Neither Yayat nor two of his friends are attending the class now. (Baik Yayat maupun dua teman baiknya sedang tidak menghadiri kelas (tidak kuliah) sekarang).

4. Either Jenny or Juli has seen the Ayat-Ayat Cinta (Salah satu, kalau bukan Jenny, Juli lah yang telah nonton Ayat-Ayat Cinta).

5. Neither I nor my daughter has seen the Ayat-Atay Cinta yet. (Baik saya maupun putri saya belum nonton Ayat-Ayat Cinta).

6. Neither I nor Eti likes this course. (Baik saya maupun Eti tidak suka mata kuliah ini).

Kalau posisi subject diputar, kalimat-kalimat di atas berubah menjadi:

1. Either Tommy’s friends or Tommy is going to visit me tonight. (Kalau bukan teman-teman Tommy, Tommy lah yang akan mengunjungiku malam ini).

2. Neither Tommy’ friends nor Tommy is going to visit me tonight (Tidak teman-teman Tommy, tidak juga Tommy, akan akan mengunjungiku malam ini).

3. Neither two of Yayat’s friends nor Yayat is attending the class now. (Baik dua teman Yayat maupun Yayat sedang tidak menghadiri kelas (tidak kuliah) sekarang).

4. Either Juli or Jenny has seen the Ayat-Ayat Cinta (Salah satu, kalau bukan Juli, Juni lah yang telah nonton Ayat-Ayat Cinta).

5. Neither my daughter nor I have seen the Ayat-Atay Cinta yet. (Baik putri saya maupun saya belum nonton Ayat-Ayat Cinta)

6. Neither Eti nor I like this course. (Baik Eti maupun saya tidak suka mata kuliah ini).

Note:

*. Jika setelah or atau nor diikuti oleh pronoun, pronoun tersebut selalu dalam bentuk subject pronoun (he,she, it, I, you, we, they) .

*. Either tidak boleh digunakan bersamaan dengan nor, dan neither tidak boleh digunakan bersamaan dengan or.

*. neither… nor SELALU bermakna negatif, walaupun kelihatannya tanpa NOT. Perhatikan makna contoh-contoh kalimat di atas!

*. Walaupun posisi subject diputar, makna kalimat tetap sama.

*. Selain ditempatkan di awal kalimat, either dan neither juga dapat ditempatkan di tengah kalimat. Dalam hal ini, yang digabungkan tentu saja bukan subject kalimat.

Contoh:

1. Tonight, I will either study English at home or visit my girlfriend. (Malam ini, aku akan belajar bahasa Inggris di rumah, atau aku akan mengunjungi pacarku).

2. I used to like neither sandwich nor pizza, but I like them both now. (Dulu, aku tidak suka sandwich dan juga tidak suka pizza tetapi aku suka keduanya sekarang).

3. Amy walks neither fast nor slowly. (Jalannya Amy tidak cepat, juga tidak lambat).

3 komentar: